Produk-produk fashion dari Adidas, Nike dan Puma sekarang bisa kita nikmati dalam dunia NFT fashion. NFT fashion juga disebut sebagai salah satu aset kripto unik bernilai tinggi. Apa itu NFT fashion sejatinya?

Dunia NFT crypto terus berkembang melahirkan berbagai jenis NFT baru. Kepopuleran serta kemudahan cara membuat NFT crypto membuat banyak orang berkreasi menciptakan berbagai tipe aset baru. Dari sinilah muncul inovasi NFT fashion dengan segala kelebihan uniknya.

Yuk langsung kita cari tahu apa itu NFT fashion selengkapnya pada ulasan berikut ini!

Apa Itu NFT Fashion?

nft-fashion..

Apa itu NFT fashion? Sesuai namanya, apa itu NFT fashion adalah non fungible token yang memuat item-item fashion.

Non fungible token (NFT) sendiri merupakan token digital yang ‘mewakili’ kepunyaan sebuah objek secara fisik maupun virtual. Setiap token NFT mode merepresentasikan sebuah item fashion yang kemudian diperdagangkan lewat NFT marketplace.

Nantinya, pembeli NFT mode fashion akan menjadi pemilik yang sah dari item brand tersebut, baik secara online (NFT) ataupun fisik (produk aslinya). Misalkan Anda membeli NFT sepatu limited collection dari brand Adidas, otomatis, Anda mempunyai hak atas sepatu tersebut dalam bentuk token NFT maupun produk aslinya.

Artikel Terkait  NFT Adalah : Penjelasan Fitur Utama, Daya Tarik dan Potensi NFT

Apakah NFT Crypto Fashion Bernilai?

NFT crypto fashion tentu memiliki nilainya tersendiri di NFT marketplace, sama seperti NFT jenis lainnya (art, game, collectible, music, dan lain-lain).

Meskipun crypto fashion adalah inovasi NFT baru, nilai aset ini tetap tak bisa dibilang main-main. Harga aset crypto fashion bisa tembus menjadi salah satu NFT termahal karena berbagai faktor.

Faktor pertama, keunikan NFT mode fashion yang ‘segar’, inovatif dan lain daripada yang lain. Ada cukup banyak busana yang memiliki desain dan bahan unik sehingga harganya dapat ditawar cukup tinggi di NFT marketplace.

Selain itu, faktor nama brand atau desainer yang menciptakan karya busana juga sangat berperan menentukan harga NFT baru fashion di NFT marketplace. Baju-baju yang dibuat oleh brand mode ternama sudah pasti memiliki harga yang fantastis. Apalagi jika koleksi yang dirilis tergolong rare (langka) atau limited edition. Nilai kelangkaan turut menambah harga NFT sehingga menjadikannya salah satu aset NFT termahal.

Apa Itu NFT Fashion: Sejarah Singkat Perkembangannya

Setelah mengetahui apa itu NFT mode fashion, pertanyaan selanjutnya adalah kapan NFT baru ini mulai dibuat?

Perkembangan NFT crypto mengalami titik kejayaannya pada tahun 2021. Kepopuleran aset kripto ini sukses menarik perhatian berbagai jenis industri bisnis, termasuk fashion. Dari inilah berbagai merek brand fashion mencoba mengeksplorasi dunia NFT.

Tak perlu waktu lama bagi brand fashion menemukan cara unik mengemas produk-produk terbaik mereka ke dalam bentuk NFT. Faktanya, cara membuat NFT memang sangat fleksibel dan mudah. Token-token NFT mode fashion pun sukses menyebar dengan cepat di kalangan penggemar dan komunitas kecantikan.

Seiring berjalannya waktu, brand-brand mode ternama juga mencoba inovasi dunia NFT metaverse. Adidas dan Nike diketahui menjadi dua brand yang telah mengembangkan produknya secara token digital di metaverse.

5 Daftar Brand Busana yang Memiliki NFT Fashion

Apa saja brand-brand pakaian yang sudah mempunyai NFT fashion mereka sendiri? Ternyata sudah ada banyak sekali perusahaan fashion populer yang mencoba cara membuat NFT sendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. GUCCI

Siapa yang tidak tahu brand super populer Gucci? Brand mode dari Italia ini melakukan lelang NFT pertama mereka pada 25 Mei sampai 3 Juni 2021 lalu. Mereka menjual Fall and Winter Collection mereka dalam bentuk token crypto bernilai fantastis sebesar 288 juta rupiah atau $20.000 USD.

Pelelangan NFT termahal dari Gucci dikuratori oleh badan lelang NFT “Christie’s”. Hasil penjualan koleksi NFT Gucci disumbangkan ke UNICEF Amerika sebagai bentuk dukungan terhadap program COVAX nirlaba (vaksinasi Covid-19).

2. NEW BALANCE

Brand New Balance baru-baru ini bergabung dalam dunia NFT baru fashion. Ia adalah perusahaan sepatu serta baju-baju olahraga dari Amerika Serikat. Perusahaan ini pun sudah berdiri dari tahun 1906 sampai hari ini.

New Balance bergabung dengan dunia NFT mengikuti jejak pesaingnya di bidang bisnis sport fashion: Adidas dan Nike. Diketahui, brand ini telah mendaftarkan pengajuan penjualan item via NFT pada 13 Januari 2022 lalu. Kabar gembira tersebut juga sudah diumumkan secara resmi lewat sosial media mereka.

Tak lupa, pihak New Balance turut menginformasikan tata cara pembelian item NFT mereka via metaverse pada momen yang sama. Token NFT dari brand mode ini dinamai “NEW BALANCE”. Selain menjual token fashion, New Balance juga akan menghadirkan platform hiburan khusus dan aksesoris olahraga online bagi para penggemarnya.

3. ADIDAS, NIKE dan PUMA

Tiga brand sport fashion Adidas, Nike dan Puma telah lebih dulu bergabung ke dunia NFT metaverse. Ketiganya menciptakan berbagai produk alas kaki, pakaian, serta aksesoris yang dapat digunakan secara virtual oleh pemiliknya.

Setiap perusahaan sport brand di atas bekerja sama dengan platform crypto yang berbeda. Nike memilih berkolaborasi dengan platform Roblox. Mereka juga diketahui mengakuisisi perusahaan NFT RTFTK Studios. Bersama keduanya, Nike sukses menciptakan berbagai koleksi crypto spesial dengan hak paten lengkap di metaverse.

Sedangkan Adidas bekerja sama dengan BAYC (Bored Ape Yacht Club), Coinbase, The Sandbox, PUNKS Comic dan Gmoney. Mereka merilis token pada Januari 2021 yang langsung laku sebagai NFT termahal sekitar $23 juta (sekitar 330 miliar rupiah). Debut NFT Adidas ludes diborong sebanyak 30.000 token dalam 1 hari.

Brand Puma juga tak mau ketinggalan. Produsen pakaian olahraga dan sepatu kets ini mengajukan paten dagang crypto dan bekerja sama dengan USPTO dalam prosesnya.

Artikel Terkait  Facebook dan Instagram akan Memasuki Dunia NFT

4. DOLCE & GABBANA

Brand fashion Italia Dolce & Gabbana turut meramaikan daftar industri mode yang berkecimpung di dunia NFT. Pesaing Gucci tersebut sukses menjual 9 koleksi NFT mode fashion dan pakaian couture model terbaru.

NFT Dolce & Gabbana juga tercatat sebagai salah satu NFT termahal di NFT marketplace. Salah satu koleksinya yang bernama Collezione Genesi terjual seharga 82 miliar rupiah atau setara 1,8 juta Ethereum.

5. LOUIS VUITTON

Terakhir ada brand berkelas Louis Vuitton yang terjun ke dunia NFT tepat pada perayaan ke-200 tahun anniversary pendirinya. Namun uniknya, brand mode ekslusif ini tidak merilis token-token fashion seperti brand fashion lain. Alih-alih mereka justru merilis sebuah game bertajuk “Louis the Game”.

Louis the Game adalah permainan NFT petualangan fashion. Pemain harus menuntaskan beragam misi saat menyambangi rumah boneka milik karakter bernama Vivienne. Salah satu misi tersebut adalah mengumpulkan 200 lilin—yang merepresentasikan usia Louis Vuitton—dan tersebar secara rahasia dalam game.

Kejutan lain pada game ini adalah terdapat 30 NFT rahasia yang bisa dikoleksi oleh pemain jika mereka berhasil menemukannya. Sebanyak 10 NFT dalam game pun dibuat langsung oleh seniman NFT terpopuler “Beeple” dan tidak dijual di pasaran. Wah, menarik sekali ya game NFT fashion dari Louis Vuitton!

Demikianlah ulasan terkait apa itu NFT baru fashion, dilengkapi sejarah perkembangan serta daftar brand yang sudah merilis produk mereka sebagai NFT. Tertarik untuk mengumpulkan atau mencoba cara membuat NFT brand fashion sendiri?

Yuk pelajari lebih banyak lagi info menarik seputar NFT maupun aset kripto lainnya hanya dari CRYPTO MARKEY. Langsung klik https://crypto.markey.id/ sekarang untuk mendapatkan ratusan kabar terbaru dunia crypto gratis setiap hari! Sampai bertemu lagi!